Minggu, 11 Desember 2016

Obat Agar Jangan Cape dan Marah pada Anak

Marah dan hilang kesabaran ? cape ketika mengurus anak anak?itu adalah hal biasa tapi kita bisa melawannya dan meminimalkannya: secara agama dan kesehatan serta dari diri anaknya sendiri.

1. Setiap seminggu sekali usahkan
menyetel surah Albaqarah dan Ali Imran agar suasana dirumah tidak dipengaruhi syetan dan juga berwudhu.

Dari Abdullan bin Mas'ud ra, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah salah seorang dari kalian menggemari perbuatan tumpang kaki, sambil bernyanyi dan meninggalkan bacaan surat Al Baqarah. Karena sesungguhnya setan akan lari dari satu rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al Baqarah. Dan sesungguhnya rumah-rumah yang paling sepi adalah yang kosong dari kitab Allah (bacaan Al Qur'an)" (HR Imam An Nasa'i dalam As Sunan Kubra no 10799, dengan sanad sahih).

RASULULLAH SAW bersabda: "Marah itu datangnya daripada syaitan dan syaitan itu diciptakan daripada api, sedangkan api itu hanya dipadamkan dengan air. Oleh itu apabila salah seorang di antara kamu marah, maka hendaklah ia berwudu" (Hadis Riwayat Abi Daud) .

2.Cape dan Marah adalah seperti adik dan kakak, apabila cape melanda maka seorang ibu akan cepat emosian pada anaknya. Zat besi dan Vitamin B1-B12 sangat penting untuk di konsumsi bila kurang salah satu akan menyebabkan cepat cape dan marah marah.

Mengapa kita cape? cape disebakan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Kalau saya sangat cape mengurus 5 anak ,saya akan meminum madu memakan telur rebus, kurma , jus beet,pisang, chocolate. kadang juga dibantu supplement B12 dan zat besi. In syaa Allah rasa cape langsung lenyap

Vitamin B 12 adalah vitamin B kompleks yang penting untuk sintesis DNA dan produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang. Rendahnya tingkat Vitamin B 12 bisa menyebabkan pembelahan sel yang abnormal dalam sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah yang belum matang dan dikenal sebagai megaloblas. Vitamin B 12 alami dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan dari hewan. Sumber vitamin B 12 diantaranya hati sapi, ikan, tuna, daging merah, telur, susu, keju, yoghurt dan sereal.

Makanan adalah obat usahakan ibu ibu yang sibuk dengan anak anak memakan makanan yang bergizi yang berkualitas / thoyyib.

Banyak memakan protein seperti ikan , daging lebih banyak dari karbohidrat.
sayuran mengandung zat besi : bayam,kangkung, jagung
kacang kacangan : Almond,pistachio dll

Kalau saya ada kalanya ketika saya sangat cape dan emosian dan keadaan tidak bisa saya kontrol selama sekeliling aman tidak ada benda benda tajam maka saya akan biarkan ke 5 anak anak ribut dan saya akan menikmati makanan dan merecharge energi baru setelah saya pulih dan tenang saya akan mengontrol keadaan. tetap tenang disaat suasana perang :D

3. Aroma terapi  minyak kesturi penenang jiwa
   Ketika rumah menjadi kancah perang, anak anak  berantem yang bayi mau dicebookin,  anak lain kotorin lantai sang  ibu sedang masak  ditungguin anak anak yang kelaparan ada kalanya  sang ibu agar tetap tenang dan tidak terpacu suasana yang tegang baik juga menghirup aroma minyak kesturi sambil membaca auzubillahi minasyaitannirajim.

4. Gula adalah musuh bagi anak anak, jangan berikan banyak peremen dan yang manis manis agar tidak hyperaktif dan susah diatur. Anak anak yang banyak mengkonsumsi manis akan susah diatur dan menyebabkan sang ibu sangat emosi dengan ulahnya.

5. Jauhkan anak dari tontonan perang perangan dan perkelahian, anak yang banyak menonton film kekerasan akan membuat sang ibu cape dan marah karena akan membuat tingkah keonaran yang menantang kesabaran ibundanya.

Allahu a'lamu bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar