RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 2 : Kegemaranku
Sub Tema 1 : Gemar Berolahraga
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan
tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikan teks
arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Menjelaskan tentang teks petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
¡ Membaca teks petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal cara dan hasil karya
seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
¡ Mengidentifikasi gambar sebagai karya seni ekspresi
¡ Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku
siswa
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Mengamati,
Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
¡ Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan
macam-macam olahraga dengan benar.
¡ Siswa mampu membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
¡ Siswa mampu menyusun huruf menjadi nama - nama olahraga dengan tepat.
¡ Setelah menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan benar.
Mengenal Alat Olahraga
¡ Dengan memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga
dengan benar.
¡ Setelah mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah
satu alat olahraga yang disukainya dengan rapi.
¡ Dengan menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu
dengan tepat.
¡ Siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengamati Jenis-Jenis Olahraga
¡ Menggenal Alat Olahraga
¡ Menggambar Alat Olahraga
E. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan :
Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
¡
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
¡
Mengajak Semua Siswa menyanyi “Selamat Pagi Guru”
¡
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
¡
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang
telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara
kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati,
Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
¡
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku
siswa. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi
gambar. (Menanya)
Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
- Olahraga apa
yang kamu lihat pada gambar?
- Apa yang kamu ketahui tentang
olahraga tersebut?
- Berapa banyak anak yang bermain bulu tangkis pada gambar?
- Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
- Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
- Olahraga mana
yang merupakan olahraga tim?
- Sikap
apakah yang penting ditunjukkan dalam melakukan olahraga tim?
- Olahraga
apa yang paling kamu sukai?
- Olahraga
apa yang baru kamu ketahui?
¡
Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan
bimbingan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang
dipelajari. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
(Mengekplorasi)
¡
Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru meminta siswa
untuk menuliskan olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui.
(Mengkomunikasikan)
Mengenal Alat Olahraga
¡
Siswa berdiskusi tentang cabang-cabang olahraga yang
mereka ketahui dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru sebagai berikut:
-
Jika kamu ingin
bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
-
Jika kamu ingin
bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
-
Jika kamu ingin
bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
-
dan seterusnya. (Menanya)
¡
Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang
dipergunakan untuk berolahraga. (Mengekplorasi)
¡
Siswa diminta menunjukkan pasangan gambar yang saling
berhubungan di buku siswa dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan
gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang. (Mengasosiasi)
¡
Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang disukai untuk
dijadikan tema dalam menggambar. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema. (Mengasosiasi)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
¡
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Kegemaranku
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Kegemaranku
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Pensil/pensil warna/krayon/spidol
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis (lembar kerja di buku siswa)
3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
Kesesuaian gambar dengan tema
|
Gambar sesuai dengan
tema dan konkrit
|
Gambar sesuai
dengan tema meskipun belum konkrit
|
Gambar
belum sesuai dengan tema
|
Belum mampu menggambar
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan
4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar