RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4. Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
¡ Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
¡ Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
¡ Menyebutkan nama temannya
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
Indikator :
¡ Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
¡ Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :
¡ Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
¡ Melakukan gerakan melempar bola
¡ Melakukan gerakan menangkap bola
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni
ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
¡ Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
¡ Memberi hiasan pada kartu nama
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Teman Baru
¡ Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri
dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
¡ Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
lengkap dengan benar.
Menghias Kartu Nama
¡ Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama
dengan rapi.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Perkenalan diri
¡ Peraturan permainan
¡ Permainan memperkenalkan diri
¡ Gerakan melempar dan menangkap
¡ Menghias gambar kartu nama
¡ Lirik lagu “Siapa Namamu”
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
— Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
— Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
— Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Aku dan Teman Baru”.
— Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Teman Baru
— Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada
siswa. (Mengasosiasi)
— Guru meminta siswa membuka buku
siswa hal. 1-3. (Mengamati)
— Guru menunjukkan cara berkenalan,
seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 3. (Mengekplorasi)
— Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan
lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar,
boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
(Mengekplorasi)
— Permainan dimulai dari guru
dengan memperke-nalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak... nama
panjang.... biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras) (Mengekplorasi)
— Siswa yang berhasil menangkap
bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggil an. Kemudian, dia
melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilan. (Mengekplorasi)
— Setelah semua memperkenalkan
diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama
teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T.
Mahmud
1 2 / 3 . /
3 4 / 5 ./
Sia pa kah na
ma mu
5 4 / 3 . / 3 3
/1 . //
Na ma ku
.............
(sebutkan nama
anak)
— Siswa tetap berada pada posisi
lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu
menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu”
menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil
mengikuti irama lagunya dan seterusnya. (Mengkomunikasikan)
— Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru
memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Mengasosiasi)
— Setelah diskusi tentang
pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman,
kita bisa juga menggunakan kartu nama. (Mengkomunikasikan)
Menghias Kartu Nama
— Guru menyampaikan bahwa siswa
akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
— Guru membagikan potongan-potongan
karton seukuran kartu nama.
— Guru membagikan kertas
bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk
menulis.
— Lalu, Siswa diminta menuliskan
namanya di karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka
masing-masing.
— Setelah itu, guru menjelaskan
bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau
dipajang di kelas.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
— Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
— Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
— Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
— Melakukan penilaian hasil
belajar
— Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat
menjadi bentuk bola
¡ Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama
masing-masing siswa
¡ Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah
disediakan
¡ Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbi- ngan 1
|
1.
|
Kemampuan memperkenal-kan diri
|
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
|
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
|
Siswa hanya mampu Menyebutkan nama panggilan
|
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
|
2.
|
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi
tanpa pengarahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi
dengan 1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi
dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan
aturan
|
3.
|
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
|
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat
(tidak pernah meleset)
|
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1-2 kali
meleset
|
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3
kali meleset
|
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Kartu Nama
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbi- ngan 1
|
1.
|
Komponen kartu
nama
|
Memenuhi 3 komponen (gambar/foto diri, hiasan, dan bentuk
yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memnuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2.
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
Lebih lengkap Klik di sini
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar